Kompetensi dan Kurikulum

  1. Kompetensi

     Mahasantri memiliki :

  1. Kecakapan berdzikir, berpikir positif dan beramal sholeh
  2. Kecakapan keterampilan kejuruan sesuai bidang keilmuan
  3. Kecakapan komunikasi dalam berinteraksi dengan berbagai media
  4. Kecakapan pemanfaatan tekhnologi dan informasi
  5. Kecakapan berwirausaha

 

  1. Kurikulum

Kurikulum yang digunakan oleh Ma’had al- Jami’ah Mahasantri Universitas Islam Lamongan terdiri dari program pendidikan dan materi pendidikan. Program pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Mahasiswa mahasiswa ini dapat diklasifikasikan ke dalam dua bagian, yaitu:

  1. 1. Kegiatan klasikal

Kegiatan klasikal yang dimaksud adalah proses pembelajaran (pengajian) yang dilakukan di dalam kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui proses seleksi kemampuan Mahasantri pada pengelompokan kelas I’dad, Ibtida’ dan Wustho. Masing-masing kelas akan dibina oleh dewan pengajar yang memiliki kompetensi sesuai dengan keilmuannya yang didasarkan atas kurikulum dan silabis Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Unisla.

Kegiatan ini dilakukan dalam satu minggu hanya 5 hari (dari hari Senin hingga Jum’at), dan waktunya pada malam hari dan subuh. Hal ini dilakukan karena menyesuaikan dengan jadwal kuliah para mahasiswa di masing-masing Fakultas.

 

  1. 2. Kegiatan non-klasikal

Kegiatan non-klasikal merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para mahasantri di luar jadwal kelas. Di Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Universitas Islam Lamongan ini para mahasantri tidak hanya dibekali pelajaran yang bersifat materi ajar, akan tetapi diajarkan pula cara berorganisasi dan bermasyarakat. .

Adapun beberapa kegiatan Mahasantri yang dimaksud antara lain:

  1. Kegiatan Keilmuan:
    • Mengadakan diskusi panel, bedah buku, novel, dan seminar (baik regional maupun nasional) dengan mengundang nara sumber, yang dilakukan oleh internal organisasi ataupun bekerja sama dengan pihak luar sesuai dengan jurusan masing-masing Mahasantri.
    • Membudayakan berdialog bahasa Arab-Inggris di lingkungan Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Unisla.
    • Mengadakan pelatihan dan praktek kerja bidang-bidang keilmuan yang sesuai dengan jurusan masing-masing mahasantri.
  2. Kegiatan Keagamaan dan Kemasyarakatan
  • Mengadakan jadwal muadzin, bilal, imam dan khatib Jum’at di Masjid Tashwirul Afkar dengan melibatkan para Mahasantri sebagai petugasnya.
  • Mengajak para Mahasantri untuk ikut serta dalam kegiatan tahlilan rutin di Maqbaroh Para pendiri Universitas Islam Lamongan dan ta’ziah di lingkungan Masyrakat sekitar Pondok Pesantren Mahasiswa Unisla.
  • Mewajibkan para Mahasantri untuk shalat Magrib, Isya dan subuh berjama’ah dan memberikan Kultum (kuliah tujuh menit) secara bergiliran di Masjid Tashwirul Afkat setiap hari.
  • Mengadakan Peringatan Hari Besar Keagamaan (PHBI) di lingkungan Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Unisla dan di lingkungan masyarakat Sekitar Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Unisla
  • Mengadakan penyembelihan dan penyaluran hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha.
  • Khusus pada bulan Ramadhan, para Mahasantri dijadikan petugas Imam, Bilal, dan penceramah Kultum Shalat tarawih atau Kulsub (Kuliah Subuh) di berbagai tempat. Diantaranya di beberapa masjid dan kediaman Masyarakat lingkungan sekitar Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Unisla.
  • Mengadakan Pesantren Kilat untuk anak-anak dan Remaja, bekerjasama dengan ‘Lembaga pendidikan sekitar Pondok Pesantren Mahasiswa Mahasantri Unisla.

Widgetized Sidebar

This panel is active and ready for you to add some widgets via the WP Admin