Mahasantri Baru (Mukim) Ponpesma Unisla Dikenalkan Dengan Keluarga Barunya di Acara Ini

SalamMahasantri., “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, tak cinta maka yaa kenalan”, itulah pepatah yang sering dilontarkan kepada seseorang atau sekumpulan manusia yang belum kenal terhadap lingkungan baru di sekitarnya, dan pepatah itu mendorong manusia agar mau berkenalan dan mulai beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Berbicara mengenai pepatah di atas, maka sangatlah pantas disematkan pada mahasantri baru (Mukim) di Ponpesma Unisla,  sebagai status mahasantri baru, mereka diharuskan mengikuti serangkaian acara yang ada di Ponpesma, salah satunya mengikuti acara orientasi keagamaan dan studi pengenalan ma’had yang dilaksanakan pada Selasa malam, 04 September 2018 dan sedikitnya ada 18 mahasantri yang mengikuti acara tersebut.

Dalam acara tersebut terdapat materi perkenalan dan dinamika kelompok, di dalamnya mahasantri dikenalkan dengan keluarga barunya seperti pengelola, personalia, dewan asatidz dan staf karyawan yang ada di Ponpesma.

Setelah dikenalkan dengan pihak Ponpesma, mahasantri juga disuruh berkenalan dengan temannya yang sama-sama menjadi mahasantri baru.

Tidak hanya materi perkenalan saja, di acara tersebut disuguhkan sederet materi, seperti halnya pengarahan umum oleh direktur, materi layanan akademik dan administrasi, motivasi serta sosialisai jadwal dan tata tertib.

Agar tidak salah niat dan tujuan awal mereka masuk di pesantren, Fasilitator dalam acara tersebut meminta mahasantri untuk menuliskan tujuan, harapan dan keinginannya dalam belajar di Ponpesma.

Sebelum di penghujung acara,  mahasantri dijadwalkan untuk mengikuti Post Test, yang tujuannya untuk menilai dan mengetahui kompetensi masing-masing mahasantri, baik itu dibidang praktik ubudiyah dan pengetahuan agama.

Tidak terbatas disitu saja, mahasantri juga dibuatkan forum rencana tindak lanjut dalam acara tersebut, seperti pembentukkan koordinator mahasantri dan koordinator bidang taklim dan ubudiyah.

Sementara itu, direktur Ponpesma berharap, agar mahasantri baru lebih krasan dan betah tinggal di Ponpesma, beliau juga berdoa agar mahasantri Ponpesma Unisla menjadi mahasantri yang teladan dan prestasi di lingkungan Unisla. (Ri)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *