TA’LIM LUGHAH : BELAJAR ALA NOBAR

SuaraPonpesma –Lamongan, Tak seperti biasanya, Aula Pondok Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Lamongan (Ponpesma Unisla) terdengar ramai malam itu.

Suara audio menggelegar beserta LCD proyektor yang berada di muka aula itu membuat suasana berbeda. Rupanya mahasantri sedang ganyeng mengikuti kegiatan Ta’lim Lughah yang dibungkus beda. Memang kali ini berbeda dari biasanya. Pasalnya, Para mahasantri ini belajar dengan cara nonton bareng (nobar) yang dipromotori oleh ustadzah pembimbingnya.

Ustadzah pembimbing, Afifatul Maghfiroh menjelaskan, acara nobar ini tidak sekedar hanya menikmati cerita filem yang ditonton, “sebenarnya mahasantri mendapat tugas dari kami untuk mencari vocabluary (kosa kata) bahasa Inggris yang ada dalam percakapan filem itu”. Jelas Afifah, Senin (20/02) lalu.

Dara asal kecamatan Pucuk, Lamongan itu melanjutkan, setelah mengumpulkan kosa kata sebanyak-banyaknya dari filem tersebut, kemudian mahasantri disuruh untuk menghafalkan beserta artinya.

Hal senada juga dituturkan Ustadzah Yuni Aliyatur Rofi’ah, dia menambahkan, vocabluary (kosa kata) yang dikumpulkan oleh mahasantri tidak boleh keluar dari percakapan filem yang ada.

Dengan cara nobar tersebut, lanjut Yuni, secara tidak langsung akan membuat mahasantri lebih komunikatif dan cermat dalam memahami setiap kata dan kalimat dari percakapan filem itu.

Di tempat yang sama, Ustadzah Neli Purnama Sari mengamini perihal acara nobar itu. dia menuturkan tujuan dari kegiatan tersebut, yakni ; agar mahasantri menghafal banyak kosa kata bahasa Inggris dan dapat dipraktikkan dalam aktifitas sehari-hari maupun praktik saat tampil kegiatan muhadharah.

Neli, panggilan akrabnya, berharap dari acara nobar ini dapat menjadi acara rutinitas setiap minggunya, “rencananya Minggu depan akan kita putarkan filem yang berbahasa Arab, seperti filem sejarah Nabi”. Tandasnya di akhir obrolan dengan penulis. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *