PONPESMA UNISLA GELAR PLACEMENT TEST

Direktur; “TES LISAN DAN PRAKTIK LEBIH MENGENA DAN MENGETAHUI SEJAUH MANA KOMPETENSI INDIVIDU CALON MAHASANTRI PONPESMA”

Lamongan, Ponpesma Unisla gelar placement test bagi calon mahasantri semester III Putri semua prodi di Unisla, acara yang dipusatkan di Aula Ponpesma dan diikuti sekitar 529 calon mahasantri itu berjalan dengan lancar.

Placemen test kali ini sengaja tidak pakai sistem tes tulis, melainkan pakai sistem tes lisan dan praktik saja” kata direktur Ponpesma Achmad Fageh kemarin Sabtu (23/09/17).

Menurut direktur, tes lisan lebih mengena dan mengetahui sejauh mana kompetensi individu calon mahasantri. Kalau pakai tes tulis anak-anak masih budaya contekan, mangkanya hasilnya belum maksimal. “Sehingga diangkatan kali ini lebih spesifik pakai tes lisan dan langsung praktik saja”. Imbuh pak Fageh.

Materi yang diujikan di placement tes ini adalah baca tulis Al –Qur’an, hafalan juz 30, praktik ubhudiyah dan do’a-do’a harian. Tujuan dari palecement test ini nantinya akan diklasifikasikan sesuai kompetensi, sehingga ustadzah pendamping dapat mengidentifikasi kemampuan masing-masing mahasantri binaannya.  Selain pengelompokkan kompetensi, hasil dari placement test ini akan dibagi lagi ke kelas perkuliahan smart diniyah.

Menurut penulis, mahasantri yang kurang mampu dalam baca tulis Al-Qur’an dan praktik ubhudiyah akan dapat binaan khusus oleh musyrifah pembimbing, dan yang baik dalam baca tulis al-Qur’an serta praktik ubhudiyah akan dikembangkan kekelas tahfidz. Di kelas tahfidz ini mereka akan ditargetkan hafal minimal juz 30 dan maksimal 30 juz.

Salah satu peserta tes juga mengaku senang dengan kehangatan dan keramahan Ustadzah pengujinya, “saya tidak bersabar ingin segera Chekck In Mondok”,  Ungkap Iska Hidayati mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Agenda check in mahasantri sudah ditentukan oleh pengurus pada hari Sabtu 30/09/17 dan kegiatan akademik lainnya akan diumumkan melalui website. “Segera kami publish di website ponpesma hasil tes mahasantri dan agenda lainnya”. Tutup pak Fageh diakhir perbincangan dengan penulis. /Az

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *